4.3. Jelaskan dan berikan solusi untuk audit SI tentang pembobolan internet banking.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada bank untuk mengaudit ulang pengamanan IT untuk fasilitas internet banking, menyusul maraknya kasus pembobolan rekening nasabah akibat mengakses fasilitas tersebut.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono menuturkan, bank juga diminta melakukan pemblokiran otomatis jika mendapati komputer yang digunakan nasabah sudah terdeteksi terkena virus.

Dari kasus di atas, hal-hal yang bisa dilakukan bagi kita para pengguna internet banking untuk meminimalisir pembobolan adalah berhati-hati menggunakan fasilitas internet banking mengingat mulai munculnya modus kejahatan phishing.

Modus ini sebelumnya dapat diatasi dengan meningkatkan security system dan pengamanan multifactor melalui konfirmasi SMS atau penggunaan token. Namun yang terjadi, komputer atau alat komunikasi nasabah terkena virus atau ditanami trojan atau juga alat komunikasi yang disadap, sehingga para penyerang bisa tahu nomor otentifikasinya.

Daftar pustaka:

http://ekonomi.kompas.com/read/2015/03/09/200211526/Marak.Pembobolan.Internet.Banking.OJK.Minta.Bank.Audit.Sistem.Keamanan.IT

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s