PT Merck Tbk – Pertumbuhan Bisnis Yang Berkelanjutan

Di masa perekonomian dunia yang sedang melemah saat ini (tingkat inflasi nasional sebesar 3.35% di bulan Desember 2015), dimana banyak perusahaan-perusahaan besar yang mengurangi jumlah karyawan atau bahkan menutup perusahaan karena tingginya persaingan bisnis, perusahaan farmasi adalah salah satu perusahaan yang mampu bertahan. PT Merck Tbk., adalah salah satu perusahaan farmasi yang masih bertahan di Indonesia, yang kali ini akan saya bahas perihal organisasi dan manajemen dalam internal organisasinya.

PT Merck Tbk adalah sebuah perusahaan manufaktur farmasi multinasional di Indonesia. Struktur organisasi yang diusung adalah Lini, Fungsional, dan Staff karena organisasinya yang besar dan jumlah karyawan yang banyak. Selain menjalankan fungsingnya sebagai organisasi niaga, PT Merck Tbk juga berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakan dengan program CSR (Corporate Social Responsibility). PT Merck Tbk memiliki peran strategis bagi Grup Merck, yakni sebagai hub produksi untuk kawasan Asia Tenggara. Perusahaan induk PT Merck Tbk, Merck KGaA, yang berkantor pusat di Darmstadt, Jerman, adalah sebuah perusahaan milik keluarga yang memiliki jaringan operasi di 66 negara serta didukung oleh 39.000 karyawan. Sebagai afiliasi dari Merck KGaA di Darmstadt, Jerman, PT Merck Tbk berkedudukan di Indonesia dan berlokasi di Jl. TB Simatupang No. 8, Pasar Rebo, Jakarta Timur, didirikan sebagai perusahaan penanaman modal asing (PMA).

Pembahasan di bawah ini akan dimulai dengan sejarang singkat PT Merck Tbk.

Merck KGaA merupakan perusahaan farmasi dan kimia tertua di dunia. Berdiri mulai tahun 1668 di German. Di Indonesia, PT Merck Tbk mulai didirikan pada tahun 1970. Berikut ini sejarah singkat PT Merck Tbk Indonesia:

1970 Pendirian Merck Indonesia
1972 Dimulainya Produksi Farmasi
1981 Penawaran Saham Kepada Publik
1984 Dimulainya Bisnis Kimia
1993 Divisi Farmasi Memulai Bisnis Obat Bebas
2006 Divisi Farmasi menjadi Merck Serono
2007 – Ekspor Produk Farmasi ke Filipina
– Sertifikasi ISO 14001 & OHSAS 18001
2008 – Peluncuran Nilai-Nilai Merck
– Pemisahan Bisnis Merck Serono dan Obat Bebas
2010 Peluncuran Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Klik Hati dan Youth Take Action
2011 Peluncuran Merck Milipore
2015 Peluncuran Global Rebrand Merck

 

Struktur Organisasi PT Merck Tbk.

Berikut ini adalah struktur organisasi PT Merck Tbk:

Struktur Organisasi PT Merck Tbk

PT Merck Tbk dipimpin oleh seorang Presiden Direktur yang tugasnya mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan manufacturing sesuai dengan kebijakan perusahaan dan pemerintah yang berlaku, dan sesuai dengan tujuan dari Perusahaan. Dalam pelaksanaannya, Presiden Direktur bekerja sama dengan 6 orang direktur pimpinan bisnis masing-masing, diantaranya:

  1. Direktur Merck Serono: Bertugas memaksimalkan laba pada area bisnisnya yaitu obat resep yang sesuai dengan kebijakan perusahaan dan pemerintah.
  2. Direktur Consumer Health: bertugas memaksimalkan laba pada area bisnisnya yaitu obat kesehatan konsumen yang sesuai dengan kebijakan perusahaan dan pemerintah.
  3. Human Resources: bertugas untuk menetapkan arah dan kebijakan di bidang sumber daya manusia yang sesuai dengan kebijakan perusahaan dan pemerintah.
  4. Direktur Site: bertugas untuk memastikan load produksi sesuai dengan permintaan pasar, dan memastikan proses produksi berjalan dengan lancar sesuai dengan kebijakan dan tujuan perusahaan serta kebijakan pemerintah.
  5. Direktur Finance & Controlling: mengendalikan kegiatan-kegiatan di bidang administrasi keuangan sesuai dengan kebijakan perusahaan dan pemerintah.

 

Manajemen PT Merck Tbk.

Susunan manajemen PT Merck Tbk adalah sebagai berikut:

President Director : Martin Feulnder
Direktur Merck Serono : Evie Yulin
Direktur Consumer Health : Holger Guenzel
Direktur Site : Arryo Wachjuwidajat
Direktur Finance : Bambang Nurcahyo
Country HR Head : Trivita Damayanti

Kegiatan Manajemen

Planning:

Tahap perencanan dilakukan oleh Top Management, dalam hal ini manager up level berperan penting dalam penentuan tujuan dan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pengorganisasian:

Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan pembagian kerja sesuai dengan perencanaan, dalam penempatan orang atau staf diharapkan objektif. Hal tersebut sangan diterapkan dalam proses perekrutan. Sehingga diharapkan orang yang tepat dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan capability.

Motivasi:

Dalam hal pengembangan karir, PT Merck membina dan mendorong semangat kerja karyawan dengan memberikan rangsangan berupa promosi, pendidikan (berupa beasiswa program Diploma, Sarjana, dan Pasca Sarjana), pengembangan karir, tunjangan cuti, pengupahan yang sesuai dengan job level, dan tunjangan-tunjangan lainnya.

 

Visi dan Misi Perusahaan

Visi

Dihargai oleh seluruh pemegang kepentingan karena kesuksesan yang berkelanjutan, berkesinambungan, dan di atas pangsa pasar pada bidang yang kami jalankan.

Misi

Memberikan nilai tambah bagi:

  • Pelanggan, melalui perluasan kesempatan pada usaha mereka dalam jangka panjang, membentuk kemitraan yang saling menguntungkan.
  • Konsumen, melalui penyedian produk-produk yang aman dan bermanfaat.
  • Pemegang saham, melalui pencapaian hasil usaha yang berkesinambungan & berarti.
  • Karyawan, melalui penciptaan lingkungankerja yang aman dan pemberian kesempatan yang sama bagi semua.
  • Lingkungan, melalui teladan yang kami berikan dalam bentuk tindakan perlindungan dan dukungan bagi masyarakat sekitar.

Corporate Social Responsibility

Salah satu dari Misi perusahaan adalah Lingkungan. Dalam penerapannya, PT Merck Tbk di tahun 2010 mulai menggelar program Klik Hati. Yaitu sebuah program dengan tujuan kepedulian sosial yang mengkampanyekan aksi sosial melalui media sosial.

Terdapat lima kategori dalam program Klik Hati yang dapat diikuti yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, sosial, dan budaya. Nantinya Merck akan menampung 150 ide yang kemudian akan diseleksi menjadi lima aksi sosial terbaik dan mendapatkan dana dukungan dengan total Rp75 juta.

Ciri-Ciri, dan Unsur Organisasi

Ciri-Ciri Organisasi

PT Merck Tbk, merupakan organisasi modern karena pertumbuhan dan perkembangan organisasi yang semakin besar. Dengan didukung oleh pengolahan teknologi SAP yang tidak hanya memastikan proses bisnis yang lebih tertata namun juga telah merevitalisasi seluruh bisnis perusahaan dalam rangka mencapai kinerja operasional yang unggul.

Unsur-Unsur Organisasi

Selain didukung system informasi manufaktur seperti SAP, penerapan teknologi lainnya adalah investasi di mesin-mesin produksi serta alat dan fasilitas laboratorium agar mampu mengakomodir peningkatan permintaan dari segmen pasar baru maupun yang sudah ada. Dalam rangka melakukan pengembangan keahlian bagi karyawan, termasuk untuk karyawan inti, perusahaan juga memberikan program pelatihan, seminar, serta beragam program pendidikan.

 

Macam Organisasi dari Segi Tujuan

Organisasi niaga adalah suatu organisasi yang sifatnya untuk mencapai suatu keuntungan. Organisasi niaga juga merupakan organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan, sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri. Dari pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa PT Merck Tbk termasuk ke dalam organisasi niaga karena tujuan utamanya adalah mencari keuntungan.

Demikian, pembahasan analisa mengenai organisasi di PT Merck Tbk. Diharapkan dapat membuka wawasan kita tentang organisasi perusahaan. Masukan-masukan untuk perbaikan tulisan ini sangat diharapkan.

Terima Kasih.

 -nn-

 

Sumber:

http://www.merck.co.id, diakses pada hari Sabtu, 15 November 2015

http://www.merckgroup.com, diakses pada hari Sabtu, 15 November 2015

http://www.bi.go.id/en/moneter/inflasi/data/Default.aspx, diakses pada hari Rabu, 27 Januari 2016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s