Figur Masyarakat

  1. Figur masyarakat yang saya kagumi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat setempat.

Ki Hajar Dewantara, tokoh bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat adalah salah satu figur di bidang pendidikan yang saya kagumi sampai dengan saat ini. Beliau lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889, meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 di usianya yang ke 69 tahun. Selain sebagai aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, dan politisi, beliau adalah pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia di Zaman penjajahan Belanda.

Beliau juga salah seorang wartawan muda yang aktif dalam organisasi sosial dan politik. Beliau aktif mengkritisi pemerintahan Belanda lewat tulisan-tulisannya yang komunikatif dan tajam dengan semangat anti Kolonial. Sejak berdirinya Boedi Oetomo tahun 1908, ia aktif menyosialisasikan dan memberikan kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Selain aktif mengkritisi pemerintah Belanda, beliau juga melakukan karya nyata seperti  membangun pendiri Perguruan Taman Siswa , suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan. Sikap seperti inilah yang saat ini sangat sulit dijumpai di jiwa pemuda-pemudi Indonesia. Bukan hanya sibuk mengkritik kinerja pemerintahan, tapi juga aktif melakukan karya nyata.

Beliau menginpirasi saya dalam kehidupan sehari-sehari. Itu yang sedang saya terapkan terhadap anak-anak saya. Tidak hanya bisa mengkritik hal atau keadaan, kita juga harus siap dengan solusi dan peran aktif dalam mengubah atau memperbaiki ketidaksesuaian hal atau keadaan tersebut.

  1. Apa yang anda ketahui tentang Ilmu Sosial Dasar?

Menurut saya Ilmu Sosial Dasar adalah dasar ilmu yang dapat di aplikasikan untuk menghadapi masalah-masalah sosial. Juga berfungsi dalam pembentukan dan pengembangan kepribadian serta pengembangan wawasan, pengetahuan, dan pemikiran perihal gejala yang timbul dalam lingkungan, individu lain, dan masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s