Artikel Koran Kompas

  1. PERUBAHAN UNDANG-UNDANG PILKADA

JAKARTA, KOMPAS.com, 5 Okt 2014 – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto mengatakan, pembahasan mengenai dua Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang diterbitkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan dilakukan pada masa pemerintahan presiden Joko Widodo. Hingga saat ini, Setya mengaku belum menerima dua perppu tersebut.

Pada Kamis (2/10/2014) malam, Presiden Yudhoyono menandatangani dua perppu terkait pemilihan kepala daerah. Dua perppu itu adalah Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota untuk mencabut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pilkada.

Sebagai konsekuensi dan untuk menghilangkan ketidakpastian hukum atas hal itu, Presiden juga menerbitkan Perppu No 2 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menghapus tugas dan kewenangan DPRD untuk memilih kepala daerah sebagaimana tercantum dalam UU No 23/2014 tentang Pemda.

Kedua perppu itu tidak serta-merta bisa dilaksanakan. DPR harus menyetujui kedua perppu tersebut sebelum keduanya resmi diberlakukan.

 

  1. ULASAN PRIBADI

Undang-Undang Pilkada. Pemilihan artikel tersebut dikarenakan polemik yang sedang terjadi di Indonesia saat ini turut membuat saya prihatin. Karena hak demokrasi langsung bagi rakyat dan warga Negara saat ini seperti direbut oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan kelompok semata. Hal ini menurut saya suatu kemunduran bagi Indonesia yang di antara Negara-negara di dunia termasuk Negara demokrasi terbesar. Pemerintah yang menjabat saat ini seharusnya turun tangan dalam rencana perubahan rancangan undang-undang pilkada tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s